Pedoman Lengkap LKTI KH IV




 


TEMA DAN TOPIK KEGIATAN 

1.      TEMA
CHANGING THE WORLD BY PREVENTING ZOONOTIC DISEASE”
                                                 
     2. TOPIK
a.       Gagasan baru dalam pencegahan dan pengobatan penyakit zoonosis.
b.      Penciptaan teknologi ramah lingkungan sebagai terobosan menekan penularan penyakit zoonosis.
c.       Inovasi pemanfaatan bahan alami sebagai alternative dalam penanganan penyakit zoonosis.
d.      Inovasi dalam edukasi dan pendekatan masyarakat dalam meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit zoonosis.

TANGGAL PELAKSANAAN KEGIATAN

KEGIATAN
TANGGAL
Pembuatan Karya Tulis
01 Agustus – 14 September 2014
Pengumpulan Karya Tulis
01 September – 20 September 2014
Penilaian Karya Tulis (10 Besar)
24 September 06 Oktober 2014
Pengumuman 10 besar
7 Oktober 2014
Technical Meeting
17 Oktober 2014
Final
18 Oktober 2014

PERSYARATAN ADMINISTRASI

1.      Peserta merupakan siswa/siswi SMA/SMK negeri maupun swasta se-Jawa, Bali, Nusra, dan Terbuka (Dilampirkan fotocopy kartu identitas siswa dan surat rekomendasi dari kepala sekolah)
2.      Peserta mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh panitia. Formulir pendaftaran dipisahkan dari Naskah (Karya Tulis).
3.      Setiap satu karya tulis hanya mengisi satu formulir pendaftaran.
4.      Peserta bersifat kelompok dengan  jumlah tiap kelompok 2-3 orang dengan 1 guru pembimbing. Tiap guru pembimbing diijinkan untuk membimbing 3 kelompok.
5.      Tiap peserta (kelompok) hanya boleh mengirimkan 1 buah Karya Tulis Ilmiah original (asli) dan belum pernah dilombakan sebelumnya.
6.      Tiap sekolah dapat mengirimkan paling banyak 3 tim/kelompok.

PENDAFTARAN PESERTA

1.      Karya tulis dikirim rangkap empat (4) dalam bentuk hardcopy dan  satu (1) soft copy dalam bentuk CD,  salah satu bentuk hardcopy adalah ketikan asli dengan melampirkan :
a.       Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah
b.      Formulir Pendaftaran Peserta
c.       Biodata Peserta Lomba (Kartu Pelajar).
d.      Slip Bukti Pembayaran
2.      Karya tulis dan semua persyaratan registrasi lomba (Surat Rekomendasi, Formulir Pendaftaran, Biodata Peserta dan Slip Pembayaran) dapat dikirim langsung ke Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Sekertariat: Jl. P.B. Sudirman, Denpasar-Bali atau dikirim melalui email : vesica.fkh@gmail.com paling lambat tanggal 20 September 2014 dengan dikenakan biaya print sebagai biaya tambahan yang disesuaikan dengan jumlah dan substansi dalam naskah.
3.      Serta membayar uang pendaftaran sebesar Rp.150.000,- per karya tulis.
a.       Pembayaran dapat langsung dilakukan saat penyerahan karya tulis di Kampus FKH pada tanggal 01 September – 20 September 2014, Pukul 09.00 – 17.00 Wita, Setiap hari Senin – Sabtu.
b.      Selain cara diatas, pembayaran juga dapat dilakukan melalui transfer rekening MANDIRI, No.Rekening : 145-001-030999-1 atas nama NI KADEK WIWIK ANGGRENI.
Cp: Lutfi Widiarta (087862171502), Wiwik Anggreni (08563787707), Riska Adnyani (085738136228).

HADIAH PEMENANG

Juara I                        : Piala Bergilir Gubernur Bali + Piala Tetap + Piagam Penghargaan  + Uang Pembinaan Sejumlah Rp.2.000.000,-
Juara II                      : Piala Bergilir + Piala Tetap + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan Sejumlah Rp.1.500.000,-
Juara III                     : Piala Bergilir + Piala Tetap + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan Sejumlah Rp.1.000.000,-
Finalis                         : Piagam Finalis + Hadiah Hiburan.
Peserta                        : Piagam Penghargaan Sebagai Peserta.

Note : Bagi peserta yang memperoleh Juara I, II, dan III akan diprioritaskan masuk Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Melalui Jalur Mandiri


TECHNICAL MEETING

1.      Technical meeting dilaksanakan pada Jumat, 17 Oktober 2014 pukul 09.00 WITA sampai selesai di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana Jln. PB Sudirman.
2.      Technical meeting dihadiri semua sekolah yang mengikuti acara ini dengan mengutus perwakilannya.
3.      Technical meeting dihadiri oleh masing – masing perwakilan dari tiap sekolah, diwakiMengingat tempat yang ada terbatas.
4.      Dalam technical meeting akan diumumkan finalis 10 besar, dan penyerahan piagam peserta bagi peserta yang tidak lolos final.
5.      Segala perubahan informasi akan diumumkan lewan surat, telepon ataupun blog.
6.      Bagi tim yang tidak menghadiri technical meeting pada tanggal 17 Oktober 2014 maka segala keputusan yang ditetapkan saat TM harus diterima tanpa adanya protes.

PENILAIAN KARYA TULIS DAN TIM JURI

1.      Semua karya tulis yang memenuhi syarat akan dinilai oleh tiga orang dewan juri yang ahli dalam bidang kedokteran hewan.
2.      Dari keseluruhan karya tulis yang masuk akan ditetapkan 10 peserta terbaik sebagai finalis dan berhak mengikuti presentasi di Kampus Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Jln. PB.Sudirman.
3.      Finalis akan diumumkan pada technical meeting tanggal 17 Oktober 2014.
4.      Dari 10 Finalis akan ditetapkan 3 tim terbaik dan akan mendapatkan hadiah yang telah ditetapkan panitia.
5.      Naskah yang diterima panitia tidak dapat diminta kembali.
6.      Registrasi peserta FINALIS 10 BESAR yang lolos ke babak final dilakukan pada hari Sabtu 18 Oktober 2014 pukul 08.00 – 09.00 WITA.
7.      Tiap peserta yang lolos ke babak final diharapkan membuat power point (ptx) dan diijinkan membawa alat peraga.
8.      Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

KRITERIA PENILAIAN NASKAH KARYA TULIS ILMIAH
1.      Kreativitas
a.       Inovasi, orisinalitas dan keunikan.
b.      Bermanfaat.
2.      Penulisan naskah (format karya tulis)
a.       Kesesuaian karya tulis dengan tema dan topik.
b.      Tata tulis.
c.       Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
d.      Kesesuaian dengan format penulisan yang tercantum.
3.      Kegunaan hasil karya tulis.
a.       Kelayakan implementasi.
b.      Kontribusi dan penerapan di masyarakat.
c.       Kegunaan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.      Sumber informasi
a.       Kesesuaian sumber informasi dengan karya tulis.
b.      Kerelevanan sumber informasi.

KRITERIAN PENILAIAN PRESENTASI KARYA TULIS ILMIAH
   1.      Pemaparan
a.       Sistematika penyajian dan isi.
b.      Kemutakhiran alat bantu.
c.       Penggunaan bahasa baku.
d.      Cara dan sikap presentasi.
e.       Ketepatan waktu
   2.      Diskusi
a.       Tingkat pemahaman karya tulis.
b.      Kontribusi anggota tim.
c.       Cara menjawab
d.      Ketepatan jawaban dan ketajaman analisis (kritis)
   3.      Hasil akhir karya tulis
a.       Kreativitas
b.      Kelayakan implementasi

FINAL LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

  1.      Final dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2014, pukul 08.00-selesai di Kampus Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Jln.PB Sudirman.
   2.      Peserta berpakaian sekolah masing – masing dan sopan.
  3.      Pada saat final, panitia hanya menyediakan alat bantu berupa laptop dan LCD. Peserta diwajibkan membawa power point, serta diijinkan membawa alat peraga lainnya untuk memudahkan presentasi.
  4.      Urutan penyajian peserta ditentukan berdasarkan hasil undian yang dilaksanakan pada saat registrasi peserta. Peserta melakukan registrasi sekaligus mengambil nomor undian di meja registrasi. Peserta yang datang lebih awal diperkenankan mengambil undian lebih dahulu.
   5.      Penyajian.
a.       Presentasi/penyajian karya tulis pelajar dapat dilaksanakan oleh keseluruhan dari anggota kelompok.
b.      Waktu penyajian selama 25 menit, dengan rincian 15 menit presentasi dan 10 menit tanya jawab dengan dewan juri.
c.       Jika penyajian kurang dari 15 menit, waktu tanya jawab akan ditambah hingga sampai 25 menit.
d.      Peserta menjawab setelah dewan juri mengakhiri pertanyaan.
   6.      Presentasi dilakukan tanpa adanya jeda hingga 10 Finalis selesai melakukan presentasi, hal ini dilakukan agar tidak memecah konsentrasi dewan juri. Setelah itu baru akan dilanjutkan dengan acara makan siang. Untuk itu diharapkan peserta agar mempersiapkan fisik sebelum presentasi dimulai.
   7.      Hasil penilaian dan pemenang juara akan diumumkan setelah acara berakhir.


PANDUAN PENULISAN

Tata Urutan Karya Tulis
1.      Sampul
2.      Halaman Judul
3.      Halaman Pengesahan
4.      Kata Pengantar
5.      Abstrak
6.      Daftar Isi
7.      Daftar Tabel
8.      Daftar Gambar
9.      BAB I. Pendahuluan
10.  BAB II. Tinjauan Pustaka
11.  BAB III. Metodelogi Penulisan
12.  BAB IV. Hasil dan Pembahasan
13.  BAB V. Simpulan dan Saran
14.  Daftar Pustaka
15.  Lampiran
16.  Curriculum Vitae
Pedoman Umum

   Ø  Karya yang diajukan dapat berupa gagasan, pemikiran atau percobaan/penelitian dari siswa (original).
   Ø  Menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll,sbb.
   Ø  Karya tulis ilmiah minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman (halaman mulai dihitung setelah sampul)
   Ø  Karya tulis diketik Time New Roman 12, pada kertas A4.
   Ø  Diketik 1½ spasi, kecuali abstrak, tabel, keterangan gambar, histogram, dan kepustakaan diketik satu spasi.
   Ø  Abstrak diketik 1 spasi, maksimal satu halaman dengan minimal 3 kata kunci (key word).
   Ø  Ukuran Margin (pinggir) 4 cm dari kiri dan atas, 3 cm dari kanan dan bawah tepi kertas.
   Ø  Setiap BAB baru harus dalam halaman baru.
   Ø  Halaman pengesahan sesuai dengan ketentuan panitia (telah dilampirkan pada pedoman ini).
   Ø  Karya disampul/jilid dengan warna Ungu jilid mika (4 rangkap).

Pedoman Penomeran
   Ø  Penulisan halaman pada pojok kanan atas; 2,5 cm dari tepi atas dan 3 cm dari kanan kertas, kecuali JUDUL BAB ditulis di tengah -  tengah 2,5 cm dari tepi bawah kertas.
   Ø  Penomoran halaman tubuh/pokok tulisan hingga bagian curriculum vitae menggunakan  angka arab (1, 2, 3 dan seterusnya)
   Ø  Bagian pelengkap tulisan yang meliputi halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar/tabel dan abstrak memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i,ii,iii, iv dan seterusnya).
   Ø  Penomeran tabel diletakkan diatas tabel diikuti dengan nama tabel.
   Ø  Penomeran keterangan gambar dilakukan dibawah gambar diikuti dengan nama gambar.

Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
   Ø  Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat dibawahnya 2 spasi
   Ø  Judul bab diketik ditengah-tengah dengan huruf besar dan dicetak tebal.
   Ø  Judul Sub-bab dimulai dari disebelah kiri, huruf pertama dari setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital) serta dicetak tebal, kecuali kata-kata tugas, seperti, yang, dari, dan.
   Ø  Judul anak Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis degan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti, yang, dari, dan.
   Ø  Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir 3 di atas, lalu diikuti oleh kalimat selanjutnya.

INFORMASI DAN CONTACT PERSON
   1.      Segala informasi yang berkenaan dengan lomba ini akan di posting di, Blog : http://vesicafkh.blogspot.com.
   2.      Cp: Lutfi Widiarta (087862171502), Wiwik Anggreni (08563787707), Riska Adnyani (085738136228), Wahyu Semadi Putra (085792060047)
   3.      Informasi pemenang juga akan di posting di blog http://vesicafkh.blogspot.com
   4.      E-mail : vesica.fkh@gmail.com



Contoh Format Cover Depan.
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KEDOKTERAN HEWAN KE IV (Harus diisi)
 





(Lambang Sekolah)
(Judul)
Pemanfaatan Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata  L.) sebagai Obat Alternatif yang Efektif untuk Membasmi Kutu pada Anjing Peliharaan



OLEH
(Nama – nama anggota kelompok disebutkan)




DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
(NAMA SMA/SMK)
(KOTA)
(TAHUN)
HALAMAN PENGESAHAN
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KEDOKERAN HEWAN IV

1.      Judul Karya Tulis Ilmiah
2.      Topik :
(   ) Gagasan baru dalam pencegahan dan pengobatan penyakit zoonosis.
(  ) Penciptaan teknologi ramah lingkungan sebagai terobosan menekan penularan penyakit zoonosis.
( ) Inovasi pemanfaatan bahan alami sebagai alternative dalam penanganan penyakit zoonosis.
(   )  Inovasi dalam edukasi dan pendekatan masyarakat dalam meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit zoonosis.
3.      Ketua Kelompok
a.       Nama Lengkap                        :
b.      Nomor Induk Siswa    (NIS)   :
c.       Nama Sekolah                         :
d.      Alamat Sekolah                       :
e.       Nomor Telepon/HP                 :
f.       Alamat E-mail                         :
4.      Jumlah Anggota Kelompok                :
5.      Guru Pembimbing
a.       Nama Lengkap                        :
b.      NIP                                         :
c.       Alamat Rumah                        :
d.      Nomor Telepon/HP                 :

Menyetujui,

Guru Pembimbing


( ........................................... )
NIP.
Ketua Kelompok


( .........................................)
NIS.

Kepala Sekolah
SMA/SMK.............................


( ............................................)
NIP.


FORMULIR PENDAFTARAN
LKTI-KH IV SMA/SMK Se-Jawa, Bali, Nusra, dan Terbuka

Judul Karya                             :

Sekolah                                   :
Alamat Sekolah                       :
Tlp Sekolah                             :

Biodata Peserta

Nama Ketua Kelompok          :
Kelas                                       :
Alamat                                                :
Tlp/Hp                                     :

Nama Anggota 1                     :
Kelas                                       :
Alamat                                                :
Tlp/Hp                                     :

Nama Anggota 2                     :
Kelas                                       :
Alamat                                                :
Tlp/Hp                                     :

Biodata Guru Pembimbing

Nama Guru Pembimbing        :
Alamat                                                :
Telepon/Hp                             :
                                                                                                ………………………………2014
                                                                                    Guru Pendamping/Pembimbing


                                                                                    (_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ )
Kelengkapan Lainnya :
(1)  Fotocopy kartu pelajar (2) Surat rekomendasi dari kepala sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar